PUSPENERBAL PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA
Diposkan oleh renbang 1 Oktober 2018 pukul 11:54:08AM
Update terakhir 01/10/2018, 06:18:11PM

Reporter : Rny_penPuspenerbal
Editor : MyRivans
Fotografer : LLK_PenPuspenerbal

JUANDA, Peristiwa pemberontakan G30S/PKI merupakan gerakan pemberontakan partai komunis yang akan merubah ideologi Pancasila menjadi idelogi komunis. Peristiwa kekejaman tersebut mengorbankan putra terbaik baik bangsa dan rakyat Indonesia yang setia dengan NKRI dan Pancasila. Sejarah ini tidak terlupakan oleh segenap komponen bangsa Indonesia akan Kesaktian Pancasila yang tidak dapat tergantikan dengan ideologi apapun. Untuk mengenang dan memperingati sejarah bangsa, di Apron Hanggar 1 dan 2 Fasharkan Pesud, Puspenerbal memperinganti Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati secara serempak di seluruh penjuru nusantara Negara Kesatuan Republik Indonesia, (1/10/2018).

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H, selaku inspektur upacara, usai upacara menyampaikan sejarah kelam pengkhianatan Partai Komunis Indonesia bahwa Negara menegaskan tidak ada ruang bagi PKI untuk hadir lagi di Indonesia.

"Jangan sampai sejarah kelam kekejaman PKI terulang lagi."

Negara meminta masyarakat memegang teguh Pancasila serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat jangan sampai memberi ruang pada ideologi lain, yang bertentangan dengan Pancasila.

Pemerintah terhadap PKI memegang teguh Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Nomor 25 Tahun 1966. Dalam Tap tersebut, PKI dinyatakan sebagai partai terlarang di Indonesia. "Artinya apa? Komitmen kita dan pemerintah jelas karena di Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 bahwa PKI dilarang.

Bangsa dan Negara Republik Indonesia mengajak seluruh komponen bangsa serta memerintahkan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian RI, dan seluruh lembaga pemerintah bersama-sama bersinergi membangun bangsa. "Membuat rakyat tenang dan tentram serta bersatu padu menghadapi persaingan dan kompetisi global."

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dihadiri para Direktur jajaran Puspenerbal, Komandan Wing Udara 1, Komandan Lanudal Juanda, Kafasharkan Pesud, Komandan Kolat Penerbal dan para Komandan Skuadron Wing Udara 1 serta para Perwira dilingkungan Puspenerbal.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB, Komandan Puspenerbal selaku inspektur upacara membacakan teks Pancasila dan pembaca Undang-undang Dasar Tahun 1945 dibacakan oleh Sertu Mpu Reza, pada peringatan hari Kesaktian Pancasila juga dibacakan ikrar yang mengandung makna arti bahwa Bangsa Indonesia telah membulatkan tekad untuk tetap memertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI, yang dibacakan oleh Lettu Laut (T) Rokhim. (Pen_Puspenerbal)

 

 



Anda pembaca ke 109 dari 109