PUSPENERBAL GELAR LATIHAN EMU.
Diposkan oleh 12 Juli 2012

Sebuah kapal penyeberangan antar pulau KM. Sinar Jaya dari pelabuhan Tanjung Perak menuju Pulau Bawean mengalami kerusakan mesin yang mengakibatkan terjadinya ledakan pada mesin utama kapal dan terbakar. Nahkoda kapal beserta ABK sudah berusaha melaksanakan peran bahaya kebakaran dan kebocoran namun kebakaran tidak dapat diatasi sehingga kapal miring dan hampir tenggelam  kejadian ini hanyalah adegan dari skenario latihan evakuasi medis udara yang diadakan oleh Puspenerbal bertempat di Dermaga umum Tanjung Perak Surabaya, Kamis, (12/7/2012).

 

Dalam latihan ini Puspenerbal melibatkan 250 personil yang terdiri dari Puspenerbal dan satuan jajarannya, Diskes Armatim, Diskes Lantamal V, RSAL dr. Ramelan dan Badan SAR Nasional Surabaya. Latihan Evakuasi Medis ini menerapkan prosedur-prosedur taktis dan teknis pencarian dan penyelamatan dilaut, melatih unsur-unsur laut, udara, tim medis TNI AL dan tim SAR dalam melaksanakan kegiatan perencanaan, pencarian dan penyelamatan di laut secara gabungan sesuai dengan prosedur secara cepat dan tepat.

Latihan ini juga untuk melatih mengatasi segala masalah dilapangan yang menghambat kegiatan pencarian dan penyelamatan dilaut dan memantapkan sistim kodal yang efektif. Dengan terorganisirnya satuan- satuan yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang handal misi kemanusian ini khususnya yang terjadi dilaut dapat segera ditangani secara profesional.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Sugianto, S.E.,M.A.P., dalam latihan EMU mengatakan “ Dengan latihan ini diharapkan kemampuan personil dan unsur-unsur Pesud TNI AL lebih meningkat dalam memahami pengetahuan tentang EMU dan kesiapsiagaan personil pada saat  menghadapi keadaan darurat melalui Evakuasi Medis Udara (EMU).”
 
Dalam Latihan EMU Puspenerbal menurunkan satu pesud Patmar dan tiga helikopter jenis BO-105 dan heli Bell-412 hingga menyita perhatian penumpang dan pekerja di dermaga umum pelabuhan Tanjung Perak surabaya.

 

 

 



Anda pembaca ke 840 Orang