PENANDATANGANAN PEDOMAN PELAKSANAAN PENGOPERASIAN HELIKOPTER BASARNAS DAN TNI AL
Diposkan oleh renbang 24 Oktober 2014 pukul 10:36:18AM
Update terakhir 05/01/2015, 08:26:47AM

      Bertempat di Rupat Mako Puspenerbal pukul 10.00 wib telah dilaksanakan acara penandatanganan dan serah terima Berita Acara pedoman pelaksanaan pegoperasian helikopter Basarnas dan TNI AL oleh dan Puspenerbal Laksma TNI Sigit Setiyanta dan Direktur Sarana Prasarana Basarnas Laksma TNI Rudy Hendro Satmoko.

 

      Acara ini adalah bentuk perikatan antara Basarnas dan TNI AL dan kelanjutan dari kerjasama yang telah terlaksana sebelumnya dimana helikopter yang telah dioperasikan adalah jenis helikopter SAR BO-105 dengan nomor lambung HR-1520, HR-1521 dan HR 1522. Dan dalam penandatanganan kerjasama ini Basarnas menaruh kepercayaan pengoperasian 2 (dua) unit helikopter AS-365 Dauphin dan 2 (dua) unit helikopter B)-105 Bolkow.

Dalam sambutan nya, Dirprasarnas mengatakan perlunya peningkatan kerjasama antara Basarnas dan TNI AL khususnya Puspenerbal yang selama ini telah terjalin baik, baik dalam bentuk latihan-latihan maupun tataran operasi SAR yang sesungguhnya, sehingga diharapkan akan selalu terjaga kesiapsiagaan personel maupun materiil khususnya helikopter yang dapat digunakan dalam situasi darurat ataupun musibah pelayaran dan penerbangan.Dirprasarnas juga mengatakan bahwa saat ini telah disetujui bahwa dalam pelaksanaan operasi SAR yang sesungguhnya lebih mengutamakan kecepatan dan keselamatan korban dan administrasi dapat menysusl kemudian.Disrprasarnas juga mempersilahkan menggunakan dan berlatih dalam menggunakan peralatan-peralatan canggih yang dimiliki Basarnas. Sedangkan Komandan Puspenerbal dalam sambutan balasannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Kabasarnas yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas atas kerja sama yang baik selama ini, sehingga menunjukan sinergitas yang baik antara Basarnas dan TNI Angkatan Laut, dimana salah satu tugas selain perang TNI adalah melaksanakan operasi SAR. Dan Puspenerbal juga menginstruksikan kepada seluruh Air Crew baik penerbang, teknisi dan mekanik TNI AL yang telah menerima pelatihan dan selanjutnya melaksanakan tugas-tugas SAR dengan sungguh-sungguh, iklas dan profesional dengan mengedepankan “Mission First Safety Always”.

        Acara berlangsung khidmat dan dihadiri para kasatker jajaran Puspenerbal, Perwira Staf dan Air Crew serta Kepala kantor SAR kelas I Juanda beserta staf, dan dilanjutkan dengan foto bersama didepan Mako Puspenerbal serta ramah tamah.

 

 

 

 



Anda pembaca ke 1.866 Orang