PELAKU PENCURIAN BARANG BAWAAN DIRINGKUS PETUGAS SATGASPAM TNI AL BANDARA INTERNATIONAL JUANDA
Diposkan oleh renbang 24 Maret 2018 pukul 04:43:03PM
Update terakhir 24/03/2018, 05:58:11PM

Sabtu, 24/03/2018 subuh dinihari Petugas Satgaspam TNI AL Bandara International Juanda bersama dengan personel Avsec AP I Juanda berhasil menangkap seorang wanita yang kerap kali melakukan pencurian barang milik para pengunjung Bandara dan para calon penumpang pesawat udara yang sedang melaksanakan ibadah sholat disalah satu mushola area anjungan Bandara International Juanda T1.
 
 
Identitas pelaku diketahui berinisial WAN, 49 tahun, seorang janda warga Ds. Seragih Tengah Kec. Songgon Kab. Banyuwangi, telah tiga kali melakukan tindak pidana pencurian di Bandara International Juanda selama kurun waktu tiga bulan terakhir. Wanita tersebut berhasil diamankan oleh personel Satgaspam Bandara saat melakukan aksinya di mushola anjungan Bandara.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana menjelaskan, bahwa pelaku pencurian merupakan spesialis barang bawaan penumpang dan pengunjung mushola di Bandara, ini sangat meresahkan masyarakat pengguna Bandara Internasional Juanda selama beberapa bulan terakhir.  Selaku pemegang otoritas tertinggi terhadap sistem pengamanan Bandara International Juanda yang merupakan Bandara Militer Inclave Sipil, maka Komandan Lanudal Juanda memerintahkan kepada jajarannya guna mengambil langkah-langkah konkrit dalam mendeteksi, menemukan dan menangkap pelaku pencurian tersebut.

Upaya penyelidikan yang dilakukan petugas Satgaspam dalam mendeteksi dan mempelajari pola serta motif pelaku akhirnya membuahkan hasil positif, pelaku yang telah dikenali wajah dan sinyalemen tubuhnya dari gambar CCTV Bandara, akhirnya pagi ini petugas Satgaspam berhasil mendeteksi dan meringkusnya saat melakukan aksi kelimanya di mushola anjungan Bandara International Juanda.

Motif pelaku adalah karena faktor kebutuhan ekonomi serta tabiat pelaku yang senang memiliki benda milik orang lain. Sedangkan modus yang dipakai pelaku adalah dengan berpura-pura ikut melaksanakan ibadah sholat subuh berjamaah di mushola bersama dengan para calon penumpang pesawat udara, pengunjung dan karyawan Bandara.

Komandan Lanudal Juanda menegaskan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan para pelaku kriminal untuk beroperasi di wilayah kerjanya. Dengan keberhasilan penangkapan kali ini Komandan Lanudal Juanda telah berhasil membuktikan bahwa Satuan Tugas Pengamanan TNI AL Bandara International Juanda telah berupaya secara optimal dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna Bandara terbesar kedua di Indonesia. 

Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita barang bukti berupa tas yang berisikan uang, beberapa HP hasil curian, serta beberapa kartu ATM milik orang lain. Setelah diperiksa di Posko Satgaspam TNI AL Juanda pelaku beserta barang bukti diserahkan ke pihak Kepolisian Sektor Sedati guna diproses sesuai hukum yang berlaku.(*)
 
 


Anda pembaca ke 185 dari 185