MENUJU KESUKSESAN TIM DAYUNG PUSPENERBAL
Diposkan oleh renbang 23 Mei 2018 pukul 02:54:59PM
Update terakhir 24/05/2018, 10:56:59AM

Berawal dari tanggal 11 April 2018 Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjhaja S, S.H. memberikan Perintah Lisan kepada Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo untuk menyiapkan tim dayung Wing Udara 2 guna mengusung nama Puspenerbal dalam rangka mengikuti turnamen dayung Hardikal di bozem AAL.

Tim dayung Wing Udara 2 memulai latihan di dermaga TNI AL Tanjung Unggat pada tanggal 13 April 2018 s.d 20 april 2019 dengan mendatangkan pelatih Podsi dari Provinsi Kalimantan Barat/Pontianak. Sebelum pelatih didatangkan oleh Komandan Puspenerbal, tim dayung Puspenerbal
ini sudah beberapa kali mengikuti event pertandingan yang digelar di Sungai Carang Tanjungpinang oleh Pemko Tanjungpinang, dimana pesertanya berasal dari berbagai tim dari dalam negeri maupun negara sahabat seperti Brunei, Singapura dan Malaysia. Adapun personel tim dayung Puspenerbal seluruhnya merupakan Prajurit Wing Udara 2 yaitu:

1. Kld Anam

 2. Kld Ari Maryanto
3. Kld Ardian
4. Kld Teguh elly

 5. Kls Danu
6. Kls Joko
7. Serda Yose 
8. Kld Neri Putra
9. Sertu Sulikin

10. Kld Galih (Tekong)
11. Serda Fakhrurozi
12. Kld Ikhsan

 13. Kld Andre
 14. Kld Neri Hidayat
 15. Kls Rozak
16. Kld Heru
17. Kld Ali Sahid
18. Serda Gofur
19. Serda Nova (Cad)
20. Kld Alfi (Cad)
21. Sertu suhada
22. Kopda Mikrat.

Official:
1. May. Arief
2. Kapten Nawan

Dengan waktu yang singkat kurang lebih 8 hari, akhirnya pelatih dapat membentuk 1 tim dayung Dragon Boat sebanyak 14 personel dan 1 tim dayung perahu karet 9n personel. Pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018, tim dayung Sea Eagle Wing Udara 2 berangkat menuju Surabaya dengan menggunakan Pesud Casa U-618 dilepas oleh Wadanwing 2 dan jajaran dibawahnya.

Tim dayung Puspenerbal dalam hal ini Mayor Laut (T) Arief Gunawan selaku Koordinator Tim selalu menekankan untuk menjaga kekompakkan dan kebersamaan serta sportivitas selama menghadapi pertandingan. Pertandingan perdana dilaksanakan pada tanggal 23 sd. 25 April 2018 di Bozem AAL dengan penyelenggara adalah Kodiklatal dan diikuti oleh 9 Kotama diwilayah Surabaya yakni Pasmar 1, Kodiklatal, AAL, Puspenerbal, Satlinlamil Surabaya, Koarmatim, RSAL dr Ramelan, STTAL, Lantamal IV.

Penyisihan pertandingan Dragoan Boat Race berjalan dengan sengit dengan mengadu kekuatan,taktik dan strategi pertandingan semua tim, sehingga di final menyisakan 3 tim teratas yakni koarmatim, Pasmar 1 dan Puspenerbal Adu gengsi berjalan dengan panas, saat pertandingan final dengan menghasilkan :

Juara 1 diraih oleh pasmar 1 waktu tercepat 02 menit 17 detik
Juara 2 diraih oleh Koarmatim waktu tercepat 02 menit 27 detik
Juara 3 diraih oleh Puspenerbal waktu tercepat 02 menit 28 detik

Terpaut waktu yang sangat tipis 0,1 detik dari Tim Dayung Koarmatim maka Tim dayung Puspenerbal harus puas pada urutan ke 3. Kemenangan ini merupakan kemenangan perdana dimana puspenerbal bisa masuk putaran final dan menjuarai pertandingan walaupun hanya menempati urutan ke-3 dengan latihan yang cukup singkat tetapi tim dayung puspenerbal bisa memberikan hasil yang terbaik.

Kemudian Tim Dayung Puspenerbal mengikuti pertandingan berikutnya pada turnamen “ Dies Natalis Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat Dragon boat race”, yang diikuti oleh 14 tim di Pontianak Kalimantan Barat. Berbekal pengalaman pertandingan di Kodiklatal, maka tim dayung Puspenerbal berupaya untuk meraih juara. Namun kemenangan bukanlah suatu hal yang mudah untuk din raih, namun faktor pengalaman dan keberuntungan juga menyertainya. Pada kejuaraan di Pontianan ini Tim Dayung Puspenerbal berhasil masuk ke babak final, walaupun harus puas mencapai urutan ketiga, karena terjadi kendala teknis dimana perahu tim dayung dari Lantamal XII Pontianak menabrak Perahu naga Tim Puspenerbal. Kemenangan bukanlah hanya sebagai tolak ukur semata, namun dari perjalanan tim dayung Puspenerbal yang dipersiapkan dalam waktu yang demikian singkat telah membuahkan suatu kebanggaan bagi organisasi Puspenerbal.

(Agun_Penpuspenerbal)

 



Anda pembaca ke 110 dari 110