MEMPERINGATI HARI DARMA SAMUDERA DAN PENYERAHAN BEA SISWA.
Diposkan oleh 16 Januari 2012

50 tahun silam tepatnya pada tanggal 15 Januari 1962 telah terjadi pertempuran di laut Aru, RI Macan Tutul beserta seluruh ABK-nya dibawah pimpinan Komodor Yos Sudarso tertembak kapal perang Belanda yang akhirnya tenggelam di laut Aru. Sebagai generasi penerus peristiwa tersebut telah memberikan suri tauladan sejati serta sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh para ksatria laut sejati, dengan gagah berani melakukan perlawanan secara heroik bahkan rela mengorbankan jiwa dan raga.
 
 
Puspenerbal Senin (16/1), bertempat di Apron Hanggar Lanudal Juanda pagi tadi melaksanakan upacara Hari Dharma Samudera, sebagai Inspektur Upacara, Komandan Puspenerbal Laksma TNI H. Sipahutar M.Sc. Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Irup Laksma TNI H. Sipahutar M.Sc. mengatakan “ Salah satu kunci keberhasilan perjuangan masa lalu yang dapat dijadikan pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan seperjuangan, integritas, kerja keras, kerja cerdas, tanpa pamrih, serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok. Oleh karena itu, melalui peringatan hari Darma Samudra ini, saya berharap kita semua dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotik dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra Laut."
 
Upacara peringatan hari Dharma Samudera, yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI Angkatan Laut setiap tanggal 15 Januari itu, dimaksudkan untuk mengenang dan memperingati para Pahlawan Bahari, yang gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut, seperti pertempuran Selat Bali, pertempuran Laut Sapudi, pertempuran Laut Cirebon, Pertempuran Teluk Sibolga, dan pertempuran Laut Aru. Makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera untuk generasi muda, selalu instrospeksi diri serta mengukur sejauh mana rasa nasionalisme dan patriotisme sebagai anak bangsa maupun generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita mulia para pahlawan bangsa.
 
Pada kesempatan tersebut, selesai upacara peringatan hari Dharma Samudera, Komandan Puspenerbal Laksma TNI H. Sipahutar, M.Sc menyerahkan bea siswa kepada putra-putri anggota keluarga besar Penerbangan TNI AL yang berprestasi. Dari 178 siswa yang berprestasi dilingkungan keluarga besar Penerbangan TNI Angakatan Laut, setelah melalui proses seleksi hanya 123 siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bea siswa, yang terdiri dari 77 siswa SD, 18 siswa SLTP, 5 siswa SLTA dan 23 mahasiswa perguruan tinggi. Pemberian bea siswa ini adalah bentuk kepedulian dari pimpinan TNI Angkatan Laut terhadap dunia pendidikan dengan harapan akan memotivasi dalam menimba ilmu secara sungguh-sungguh yang nantinya dapat menghasilkan generasi-generasi bangsa yang berkwalitas unggul.
 

 

 


Anda pembaca ke 744 Orang