LATIHAN TERBANG MALAM WING UDARA 2
Diposkan oleh renbang 31 Maret 2015 pukul 09:33:00AM
Update terakhir 09/04/2015, 12:04:46PM

Wing Udara 2 sebagai satuan kerja (Satker) pelaksana Puspenerbal yang berada di wilayah Barat Indonesia mengemban fungsi penerbangan yang meliputi pengintaian udara taktis, anti kapal selam, anti kapal atas air, pendaratan pasrat lintas helikopter, dukungan logistik cepat dan pengamatan laut, dalam rangka operasi laut sehari-hari dan operasi tempur laut.

 

 

Pengoperasian pesawat udara untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut selain dilaksanakan pada siang hari juga dilaksanakan pada malam hari. Khusus pelaksanaan pada malam hari dibutuhkan kejelian serta dituntut untuk mampu menguasai dan memahami prosedur terbang secara Instrument Flight Rules (IFR). Dalam rangka mengimplementasikan tugas pokok mencapai hasil yang optimal maka penerbangan TNI Angkatan Laut harus mampu menjaga kesiapan tempurnya yang didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya para awak pesud sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam menjalankan tugas penerbangan khususnya di malam hari. Untuk meningkatkan kemampuan personel dan kesiapan operasional agar mendapat hasil yang maksimal, maka perlu diadakan latihan terbang malam bagi awak pesud guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

 

Latihan Terbang Malam Awak Pesawat Udara Wing Udara 2 Tanjungpinang tahun 2015 ini menggunakan metode diskusi, latihan kering dan praktek lapangan yang dilaksanakan secara berangkai. Pelaku latihan pada tahap praktek lapangan diorganisir dalam satu skenario Gugus Tugas Keamanan Laut Operasi Militer Selain Perang (OMSP) penangkalan sehari-hari berupa Satgas Pengamanan Perbatasan dan Obyek Vital di wilayah Indonesia, dengan sifat latihan satu pihak dikendalikan. Sebagai penyelenggara latihan adalah Pusat Penerbangan TNI AL dengan melibatkan unsur-unsur pesawat udara.

 

Hadir dalam Latihan Terbang Malam tersebut Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta selaku Direktur Latihan (Dirlat), Komandan Wing Udara 2 (Danwing Udara 2) Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja S. selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat), Perwira Staf Operasi (Pasops Wing Udara 2) Letkol Laut (P) Andri Wahyudi, S.H. selaku Pengendali Latihan dan seluruh Staf Latihan Terbang Malam Awak Pesawat Udara TNI AL tahun 2015 serta para Undangan dari FKPD wilayah Tanjungpinang.

 



Anda pembaca ke 1.285 Orang