KADO 7 WINDU PENERBANGAN TNI ANGKATAN LAUT, MEMPERKUAT JAJARAN PUSPENERBAL.
Diposkan oleh 13 Juni 2012

Kebutuhan akan jenis dan jumlah helikopter sebagai salah satu komponen dasar kemampuan tempur, sangat ditentukan oleh strategi yang diterapakan untuk memenuhi tuntunan tugas TNI AL yang beragam. Sehingga jelas memerlukan perencanaan yang cermat sehingga optimalisasi penugasan unsur-unsur udara TNI AL dapat dicapai. Komandan Puspenerbal Laksma TNI Sugianto, S.E, M.A.P., bertempat di Hanggar Heli Skuadron 400 Wing Udara 1 Puspenerbal menyambut kedatangan tiga unit helikopter angkut sedang  jenis Bell 412 EP (Enhanced Performance). Rabu (13/6/2012).
 
Pada sambutannya Komandan Puspenerbal Laksma TNI Sugianto, S.E, M.A.P., mengatakan” Dengan bertambahnya tiga unsur Bell 412 EP ini diharapkan dapat lebih meningkatkan tingkat profesionalisme penerbang dan crew serta meningkatkan kemampuan operasional dalam mendukung berbagai tuntunan penugasan yang semakin hari semakin kompleks”.
 
Skuadron 400 sebelumnya memiliki tiga unit helicopter bell 412 type SP (Special Performance) dan satu Bell 412 type HP ( High Performance), dimana kemampuan type SP hanya memiliki AFCS ( Automatic Flight Control System) untuk Fligh Control sedangkan HP memiliki kemampuan AFCS dengan tambahan Trim Torque Engine dan Power Engine yang lebih besar dari type SP. Sedangkan Helikopter Bell 412 EP merupakan varian terbaru dan tercanggih di TNI AL karena memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh tipe SP maupun HP.
 
Tiga unit helikopter Bell 412 EP terbaru yang dimiliki oleh Penerbang TNI Angkatan Laut ini adalah merupakan produk hasil kerjasama industry antara PT Dirgantara Indonesia (Persero) dengan Bell Helicopter Textron Inc (BHTI) USA, memiliki kemampuan Power Engine yang lebih besar dari tipe HP dan SP, memiliki Autopilot 3 (three) Axis, Autopilot ILS, Weather Radar, Nav Com serta Nav Aid yang lebih lengkap dapt dioperasikan di darat maupun dilaut.
 
Dalam acara serah terima tiga helli Bell 412 EP ditandai dengan pembukaan nomor lambung lama yang ketiganya sama yakni HX 4112 oleh Danpuspenerbal Laksma TNI Sugianto, S.E, M.A.P.,beserta Direktur Aircraft Integration PT Dirgantara Indonesia bapak Budiman, berubah menjadi HU 418, HU 419, HU 420. Dengan tambahan kemampuan yang dimiliki helli Bell 412 EP, lebih memudahkan rasa kepercayaan diri setiap Air Crew  dalam melaksanakan tugas yang diberikan Negara sehingga Puspenerbal kedepan akan dapat mewujudkan harapan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani.
 
Hadir pada acara menyambut kedatangan tiga unit helikopter angkut sedang  jenis Bell 412 EP (Enhanced Performance) Wadan Puspenerbal, Para direktur Puspenerbal Komandan Wing Udara 1, Danlanudal Juanda, Kafasharkan Pesud, Korcab I Jalasenastri gabungan Mabesal, Direktur Aircraft Integration PT Dirgantara Indonesia bapak Budiman Saleh beserta staf.
 
 



Anda pembaca ke 870 Orang