JALASENASTRI KORCAB I PUSPENERBAL CABANG 7 LANUDAL MANADO MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG HEPATITIS DAN KANKER
Diposkan oleh renbang 27 Maret 2017 pukul 10:54:25AM
Update terakhir 27/03/2017, 10:57:00AM

Pada hari rabu tanggal 8 Maret 2017 Jalasenastri Cabang 7 Lanudal Manado Korcab I Puspenerbal mengadakan penyuluhan kesehatan dengan tema hepatitis dan kanker yang dibawakan oleh Mayor laut (K) dr. Ellen, Sp., PD. dimana dalam kesehariannya berdinas di Rumah Sakit dr. Wahyu Selamet Bitung Sulawesi utara dengan jabatan Kabag Kesla. Pentingnya penyuluhan kesehatan ini diharapakan agar seluruh anggota lanudal Manado memahami dan mengerti apa penyebab terjadinya penyakit hepatitis yang menyebabkan terjadinya kanker hati.

 

Mayor laut (K) dr. Ellen, Sp., PD. menyampaikan bahwa Hepatitis biasanya terjadi karena virus, terutama satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan. Dan timbulnya kanker hati adalah kanker yang muncul dari hati, dan bukan akibat keganasan dari organ lain yang menyebar ke hati atau metastasis ke hati. Tanda dan gejala klinis yang dapat ditemukan antara lain hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut, ikterus, atau gangguan hati lainnya. Langkah-langkah pencegahan kanker hati adalah menghindari diri dari faktor- faktor risiko kanker hati seperti hepatitis C dan hepatitis B, pola makan sehat, menghindari diri dari obesitas dengan olahraga teratur, serta membatasi konsumsi minuman keras.

Dengan adanya penyuluhan kesehatan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi seluruh anggota Lanudal Manado, sehingga akan dapat menjadikan refrensi dalam menjalankan pola makan sehat dan olah raga secara teratur.

 



Anda pembaca ke 269 Orang