HELLY BOLKOW NV-412 LATIHAN BERSAMA KRI DIPONEGORO -365
Diposkan oleh 17 Juli 2012

Agar pelaksanaan operasi laut dapat berjalan dengan optimal  perlu adanya kerjasama antara KRI dan Pesawat Udara, Untuk mewujudkan kemampuan kerja sama KRI dengan Pesud, perlu diselenggarakan latihan kerja sama taktis KRI dan Pesud sebagai upaya peningkatan kemampuan personil, sarana dan prasarana yang terpadu untuk mendapatkan hasil operasi yang optimal.Bertempat di Sarang Rajawali Wing Udara 1 Puspenerbal, Komandan Puspenerbal Laksma TNI Sugianto, S.E., M.A.P., membuka latihan Kerjasama Taktis KRI dan Pesud, Senin (16/7/2012)
 
  Setelah mendapat latihan teori yang meliputi : Pengenalan Pesawat Udara, Pengenalan KRI, Taktik penerbangan TNI AL, Air Joining Procedure (AJP), Komunikasi taktis dan Helly deck party, pada hari selasa 17/7/2012 diperairan laut Jawa tepatnya di selatan pulau Bawean (P. Madura) KRI Diponegoro-365, pesud Patmar dan helly Bolkow mengadakan latihan lapangan kerja sama taktis. Di laut Jawa Helly Bolkow dan pesud Patmar mengadakan latihan Helly Deck Party, Air Joining Procedure (AJP), Aswex (Anti Sub-marine Warfare Exc), dan SAREX (Search and Rescue Exc) bersama KRI Diponegoro hingga malam hari.
 
Kerjasama ini  merupakan faktor utama kesuksesan penerapan pola operasi yang diterapkan oleh TNI AL, dimana pada pelaksanaannya pesawat udara melaksanakan patroli guna mengkonfirmasi data inteligen maupun mendapatkan sasaran untuk diteruskan ke KRI yang berada terdekat dari operasi atau pangkalan terpilih, sehingga informasi yang didapatkan oleh pesawat udara dapat diaksi oleh KRI.
 
Pada hari Rabu 18/7/2012 Kerjasama Taktis KRI dan Pesud bertempat di Sarang Rajawali Wing Udara 1 Puspenerbal resmi ditutup. Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danpuspenerbal  Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M. .A. P., M. B. A., mengatakan “ Latihan kerjasama taktis KRI dan Pesud tahun 2012 memiliki arti penting, karena didalamnya terkandung niat untuk mewujudkan kemampuan kerjasama antara KRI dan Pesud sebagai upaya peningkatkan kemampuan personil, sarana dan prasarana yang terpadu untuk mendapatkan hasil operasi yang optimal”.

 



Anda pembaca ke 902 Orang