LATIHAN EVAKUASI MEDIS UDARA (EMU) TNI ANGKATAN LAUT TA. 2015 WING UDARA 2 TANJUNGPINANG
Diposkan oleh renbang 27 Mei 2015 pukul 12:49:15PM
Update terakhir 02/11/2015, 08:30:02AM

Latihan Evakuasi Medis Udara (EMU) adalah segala usaha dan kegiatan dalam rangka pemindahan korban perang, korban bencana alam, korban kecelakaan dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih lengkap fasilitas kesehatannya dalam waktu sesingkat singkatnya dengan menggunakan pesawat udara.

 

 

 

Wing Udara 2 Tanjungpinang sebagai satuan operasional yang berada di bawah jajaran Puspenerbal memiliki pesawat udara yang dapat digunakan untuk melakukan Evakuasi Medis Udara (EMU) maka perlu melaksanakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan operasional unsur-unsur.

Puspenerbal dan keterpaduan antar Instansi terkait serta menguji doktrin dalam pelaksanaan Evakuasi Medis Udara dengan sasarannya adalah meningkatkan kemampuan awak pesud TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan Evakuasi Medis Udara, tercapainya kesiapan operasional satuan dan awak pesud TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan Evakuasi Medis Udara, tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama dari satuan terkait dan awak pesud TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan Evakuasi Medis Udara serta teruji dan terevaluasinya buku-buku petunjuk tentang Evakuasi Medis Udara dan pendukung lainnya.

Latihan diikuti 67 personel, 3 Pesud terdiri dari 1 Pesud Casa NC-212 patmar, 1 Pesud Helikopter Bolkow BO-105 dan 1 Helikopter Bell-412 serta 130 personel pendukung dari Lantamal IV Tanjungpinang dan Instansi terkait.

                Materi latihan yang dikembangkan antara lain pengetahuan tentang Alat Keselamatan Penerbangan (AKP), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Evakuasi Medis Udara (EMU) dan Heli Rescue serta kerja sama awak Pesud dengan tim kesehatan dalam melaksanakan Evakuasi Medis Udara (EMU).

Hadir dalam kegiatan latihan tersebut Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Wadan Puspenerbal) Kolonel Laut (P) Yuwono, Komandan Wing (Danwing) Udara 2 Puspenerbal Letkol Laut (P) Muhammad Tohir selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat), Wakil Komandan Wing (Wadanwing) Udara 2 Puspenerbal Letkol Laut (P) Heru Prasetyo selaku Pengawas dan Pengendali (Wasdal), Kasilat Puspenerbal Mayor Laut (P) Sugeng Lamiyo dan Perwira Operasi Latihan (Paopslat) Mayor Laut (P) Rahmat Jaya Perdana.

Kegiatan ini berlangsung sejak hari Selasa (19/5) hingga Jum’at (22/5) 2015 dengan tema “PUSAT PENERBANGAN TNI ANGKATAN LAUT MELAKSANAKAN LATIHAN EVAKUASI MEDIS UDARA DI WILAYAH BARAT INDONESIA DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS TNI ANGKATAN LAUT”.

 



Anda pembaca ke 1.220 Orang