BERITA KATEGORI OPERASI


KUNJUNGAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DI AREA SEKTOR BANDARA SAMRATULANGI MANADO

Diposkan oleh renbang 25 April 2017 (Pembaca 171)

Pangkalan udara TNI AL Manado Selain melaksanakan dukungan logistik dan administrasi untuk kesiapan operasional pesawat udara dan personel pengawaknya dalam rangka mendukung terlaksananya tugas pokok TNI Angkatan Laut, sebagai pangkalan udara membantu melaksanakan pengamanan pangkalan dan obyek vital di Bandara Samratulangi. Dan pada tanggal 23 april 2017 Pangkalan Udara TNI AL Manado melaksanakan kegiatan khusus dalam rangka kunjungan kerja Wakil presiden RI beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla ke Provinsi Sulawesi Utara.


LANUDAL MANADO LEDAKKAN KAPAL BENDERA ASING

Diposkan oleh renbang 21 April 2017 (Pembaca 135)

 Lanudal manado melaksanakan misi Satgasla operasi Perisai unsur Pesud Casa U-622 bersama tim Kopaska Koarmatim dalam peledakan dan menenggelamkan kapal berbendera asing hasil tangkapan Pemerintah Republik Indonesia yang melakukan pencurian ikan diwilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPRI) tanpa dokumen perizinan yang sah. Peledakan yang dilakukan oleh Tim pasukan Katak (Kopaska) Komando Armada Timur yang didatangkan secara khusus untuk merakit bom dengan menggunakan TNT 150 Kg diletakan pada beberapa bodi kapal kemudian ditenggelamkan. Dalam kegiatan operasi yang dilaksanakan unsur pesud casa U-622 pilot yang bertugas adalah kapten laut (P) Wahyu yang sehari-harinya dinas di skuadron udara 600 Wing udara 1 Puspenerbal.


POLA OPERASI GABUNGAN TNI AL PESUD TNI AL CASA U-616 DENGAN KRI ABDUL HALIM PERDANAKUSUMA

Diposkan oleh renbang 27 Maret 2017 (Pembaca 166)

Puspenerbal (27/03), Lanudal Manado melaksanakan patroli Udara Wilayah Timur dengan Pesawat Udara TNI AL U-616 pada tanggal 24 Januari 2017. Pada pelaksanaan patroli tersebut rute penerbangan mengitari dari Surabaya-Balikpapan-Tarakan-Manado-Ambon-Sorong-Biak dan kembali ke Lanudal Manado. Perjalanan Pesawat Udara TNI AL U-616 melintas diatas laut Halmahera yang terletak di antara pulau Halmahera, Maluku Utara, bergabung dengan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-353. Unsur Operasi gabungan tersebut merupakan pola operasi TNI AL dalam memperkuat postur pertahanan untuk mengantisipasi adanya gangguan di perairan wilayah Timur Laut Indonesia.


BKO GUSKAMLATIM OPERASI KILAT BADIK-17 PESUD CASA PATMAR U-617 DI PANGKALAN UDARA TNI AL MANADO

Diposkan oleh renbang 1 Maret 2017 (Pembaca 258)

Unsur Pesud Casa Patmar U-617 melaksanakan patroli wilayah timur dengan rute penerbangan Biak – Ambon – Manado. Berdasarkan perintah gerak Dan Guspurlatim Unsur Pesud Cassa Patmar U-617merupakan unsur operasi gabungan dengan KRI sebagai pola operasi TNI AL. Penugasan operasi Kilat Badik-17 unsur Pesud Cassa Patmar U-617 Skuadron di Lanudal Manado dimulai tanggal 1 s/d 10 februari 2017 yang melaksanakan tugas pembinaan kesiapan serta kemampuan dalam mendukung operasional unsur Pesud.


UNSUR SATGASLA OPSGAB BENTENG AMBALAT-17 PESUD PATMAR P-850 DI PANGKALAN UDARA TNI AL MANADO

Diposkan oleh renbang 8 Februari 2017 (Pembaca 223)

Pesawat udara Patmar P-850 Lanudal Manado Puspenerbal melaksanakan penugasan Opsgab (Operasi Gabungan) benteng ambalat-17 1 januari s/d 3 februari 2017. Pesud Patmar P-850 merupakan unsure operasi gabungan dengan KRI, dimana melaksanakan deteksi dan pembuatan laporan adanya pelanggaran wilayah dengan memperhatikan tanda-tanda visual yang jelas (warna,nolambung, danbendera), dan melaksanakan pemantauan dan pengawasan pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia-Philipina, Indonesia –Malaysia.