BERITA KATEGORI NEWS


KOMANDAN PUSAT PENERBANGAN ANGKATAN LAUT MEMBUKA SEKALIGUS MEMBERIKAN BRIEFING LATIHAN ANTITEROR TNI ANGKATAN LAUT TA. 2017

Diposkan oleh renbang 7 September 2017 (Pembaca 68)

Pada hari Rabu tanggal 06 September 2017 pada pukul 08.15 Wib telah dibuka Latihan Antiteror TNI Angkatan Laut TA.2017 oleh Komandan Puspenerbal ditandai dengan briefing dan penyematan tanda peserta latihan bertempat di Aula Tower Lanudal Juanda. Hadir pada kegiatan tersebut Para Direktur Puspenerbal, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Danwing Udara 1, GM PT AP-I Bandara Internasional Juanda, para pimpinan stakeholder Bandara Juanda dan undangan lain.


PRAJURIT PUSPENERBAL MELAKSANAKAN DOA BERSAMA 171717

Diposkan oleh renbang 18 Agustus 2017 (Pembaca 61)

Juanda, (17/8) Sore tepatnya pukul 17.25 Wib Bertempat di Masjid Asy Syuhada Lanudal Juanda telah dilaksanakan Doa bersama 171717 Warga Penerbangan bersama masyarakat dengan Tema "Indonesia Lebih Kasih Sayang". kegiatan ini terlaksana berdasarkan perintah dari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dengan tujuan mendoakan para pahlawan kusuma bangsa dan dengan harapan Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.


LANUDAL MANADO MELAKSANAKAN LDD

Diposkan oleh renbang 3 Agustus 2017 (Pembaca 97)

 

Manado (3/8), Dalam meningkatkan pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut, merupakan proses yang sangat dinamis dan berkesinambungan dalam hal ini peningkatan profesionalisme personel matra laut dengan melaksanakan kegiatan Latihan Dalam Dinas. Dimana dalam Pelaksanaan pelatihan ini melalui pelatihan atau instruktur yang mempunyai kualifikasi diantaranya untuk LDD PMK mendatangkan pelatih dari Dinas Pemadam kebakaran Bandara samratulangi Manado, LDD Ground Handling dari PT.Gapura Angkasa Pura Ground Handling  dan LDD Dakura atau Pertahanan Pangkalan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Bitung.


POSYANDU DI BALAI PENGOBATAN LANUDAL MANADO

Diposkan oleh renbang 3 Agustus 2017 (Pembaca 67)

Manado (3/8), Lanudal Manado melaksanakan kegiatan Posyandu di Balai Pengobatan yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Diskes Lantamal VIII.   Dimana Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang memudahkan masyarakat mengetahui atau memeriksakan kesehatan terutama ibu dan balita yang diselenggarakan oleh masyarakat dengandukung anteknis dan petugas kesehatan. Posyandu juga merupakan jembatan utama puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Peran posyandu sangat penting karena posyandu sebagai wahana pelayanan pada tingkat yang paling dasar yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu melalui kegiatan penimbangan bayi dan anak, pemberian makanan tambahan, pemberian oralit, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kehamilan, pengobatan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. 


PARA PILOT PUSPENERBAL MELAKSANAKAN PELATIHAN NVG HELMET

Diposkan oleh renbang 21 Juli 2017 (Pembaca 149)

Juanda(21/7), hari ini tepatnya pada pukul 10.00 wib sedang dilaksanakan Pelatihan bekal NVG ( Night Vision Goggle) di Gedung NACS Puspenerbal oleh PT. Cakrawala Wira Buana kepada seluruh Pilot Skuadron 400 Wing udara 1, Puspenerbal. Turut hadir Komandan Puspenerbal, Wadan Puspenerbal, Komandan wing udara 1, Direnbang Puspenerbal, Dirops Puspenerbal, Dirlog Puspenerbal serta perwakilan dari angkatan lain; 1 orang pamen dari TNI AU dan 2 orang pamen dari TNI AD.

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi para Pilot TNI AL dalam menggunakan NVG AVS-9, sehingga dapat mendukung keberhasilan penebangan dengan aman dalam pelaksanaan tugas pokok penebangan TNI Angkatan Laut. NVG sendiri berguna sebagai referensi secara visual terhadap keadaan luar pesawat dan efektif pada malam hari atau cuaca gelap (vmc), Walaupun selama terbang malam hari secar visual pilot sudah dilengkapi oleh avionik system yang meliputi komunikasi, navigasi, flight control, sistem informasi pesawat dll. Sehingga dengan adanya alat tersebut para pilot mampu melaksanakan tugas dimalam hari dengan aman.



KOMANDAN LANUDAL MANADO MENYAMBUT KETUA DELEGASI PHILIPINA

Diposkan oleh renbang 18 Juli 2017 (Pembaca 67)

11 Juli 2017 bertempat di Lanudal Manado Menyambut kedatangan Ketua Delegasi Filiphina Brigadier General Gilbert Italia Gapay, AFP besertarombongan.  Dimana rombongan petinggi militer negara Philipina itu menggunakan Philipphine Air Force dariBandara Davao.”Disambut oleh Wadan Lantamam VIII Kolonel Marinir edy setiawan bersama Komandan Lanudal manado Letkol Laut (T) Yulmintardi, yang turut hadir dalam acara penyambutan yaitu para Asisten Danlantamal VIII, Ka Kuwil Lantamal VIII, air crew CN-235 P-860 dan Perwira staf serta seluruh prajurit Lanudal Manado.Dalam Kunjungan tersebut, dalam rangka menghadiri Closing Ceremony Corpat Philindo XXXI-17 di Mako Lantamal VIII. Selain itu, dilaksanakan penyambutan KRI Kerapu – 812 dan BRP Ramon Alcaraz (FF-16) di Dermaga Samuel Languyu (Samla) Bitung.”

 


BUKA BERSAMA DENGAN WARGA LANUDAL JUANDA

Diposkan oleh renbang 9 Juni 2017 (Pembaca 190)

Puspenerbal (08/06/2017), Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Ali Syabana mengadakan buka puasa bersama dengan keluarga besar Lanudal Juanda yang diikuti oleh 255 Personil dan kali ini diselengarakan di Wisma Perwira Lanudal Juanda. Acara di mulai pada pukul 17:00 Wib dan hadir dalam acara Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc. Acara ini diawali dengan sambutan Komandan Lanudal Juanda “hikmah puasa di bulan Ramadhan diharapkan  dapat meningkatkan disiplin diri dan meningkatkan kesabaran dalam bersikap dan bertindak yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja organisasi”, dan tepat pukul 17:11 dilanjutkan ceramah agama yang dibawakan oleh Drs. KH. Syahrony dengan tema "Kematian, janganlah kamu mati kecuali mati dengan membawa islam" dan dilanjutkan dengan do'a.


SEMINAR NASIONAL PENERBANGAN TNI AL TAHUN 2017 - MENJAWAB TUGAS OPERASI MILITER SELAIN PERANG

Diposkan oleh renbang 27 Mei 2017 (Pembaca 257)

Puspenerbal (17/05/2017), Dalam melaksanakan tugas pokoknya, tugas pokok TNI terbagi menjadi Dua yaitu operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang, banyak yang tidak mengerti tugas TNI mengenai operasi militer selain perang yang tentunya tugas itu adalah dilaksanakan oleh TNI di saat tidak melakukan perang yang sebenarnya tugas tersebut sangatlah mulia dan bermanfaat bagi masayarakat Indonesia diantaranya membantu tugas pemerintahan di daerah guna mempercepat pembangunan di daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue), membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan dan lainnya.


SUNTIK VAKSIN HEPATITIS ANGGOTA LANUDAL MANADO

Diposkan oleh renbang 25 Mei 2017 (Pembaca 184)

Puspenerbal (25/05/2017), Lanudal Manado melaksanakan suntik vaksin Hepatitis B bagi seluruh anggota. Dimana Hepatitis B merupakan bentuk hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita hepatitis B bisa dari semua golongan umur.

Ada beberapa cara penularan virus hepatitis B:

• Secara vertikal, penularan terjadi dari ibu pengidap virus hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan, yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan.


ANJANGSANA KOMANDAN PUSPENERBAL DALAM RANGKA HUT PENERBANGAN TNI AL 2017

Diposkan oleh renbang 18 Mei 2017 (Pembaca 249)

Puspenerbal (18/05/2017), Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E, M.Sc., melaksanakan kegiatan Anjangsana Keluarga Besar Puspenerbal dalam rangka HUT Penerbangan TNI AL tahun 2017, rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan santunan oleh Komandan Puspenerbal beserta ibu kepada para Keluarga almarhum Warga Penerbangan TNI AL di Lobby Markas Komando (MAKO) Puspenerbal. Penyerahan santunan pertama kepada Arif Setyo Dirgantoro, 21 tahun yang sehari-hari kuliah di Fakultas Fasil Komputer UPN Veteran Jatim, semester 6 anak dari Almarhum Kapten Laut (E) Agus Setyobudi yang dahulunya berdinas di Fasharkan Pesud Puspenerbal, kemudian dilanjutkan santunan kepada keluarga Almarhum Serda Mpu Abdul Ajiz warga Penerbangan TNI AL Puspenerbal yang diwakilkan oleh Ibu Kafasharkan Pesud Ny. Rochman.


PANEN PERDANA SAWAH PRIMKOPAL JUANDA

Diposkan oleh renbang 1 Mei 2017 (Pembaca 173)

Puspenerbal (21/04/2017) , Puspenerbal melaksanakan program Pemerintah dalam swasembada pangan yaitu Panen Perdana Sawah Primkopal Juanda di Desa Pulungan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo yang dikelolah langsung oleh Primkopal Juanda. Lahan yang digunakan penanaman padi seluas 26 Ha dengan hasil cukup baik Lk 55 Ton beras sesuai dengan kondisi tanah. Pemotongan Padi Perdana ini dilakukan oleh Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir S.E, M.Sc., beserta Wakil Komandan Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi dan diikuti oleh Direktur Logistik Puspenerbal, Komandan Lanudal Juanda dan Komandan Wing Udara 1. Adapun yang tergabung dalam pemotongan padi tersebut yaitu Kepala Desa Pulungan dan Camat Sedati.


KENAIKAN PANGKAT ANGGOTA PUSPENERBAL

Diposkan oleh renbang 17 April 2017 (Pembaca 140)

Puspenerbal (4/4/2017), melaksanakan Upacara kenaikan pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama Puspenerbal di Hanggar I dan Hanggar II Lanudal Juanda. Selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (P) Tatang dan upacara dipimpin langsung oleh Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E, M.Sc,.  Peserta pada upacara kenaikan pangkat diikuti oleh seluruh anggota Puspenerbal.

Perwira yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Mayor ke Letkol yaitu Letkol Laut (P) Hadi Arifin yang sehari-hari menjabat sebagai Pasminlog Wing Udara 1 Puspenerbal, Letkol Laut (P) Sri Harini, S.E, yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubditinfolahta Ditrenbang Puspenerbal dan diikuti kenaikan pangkat perwira lainnya satu tingkat lebih tingg dari Lettu ke kapten dan Letda ke Lettu serta kenaikan pangkat Bintara dan Tamtama.


JALASENASTRI KORCAB I PUSPENERBAL CABANG 7 LANUDAL MANADO MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG HEPATITIS DAN KANKER

Diposkan oleh renbang 27 Maret 2017 (Pembaca 269)

Pada hari rabu tanggal 8 Maret 2017 Jalasenastri Cabang 7 Lanudal Manado Korcab I Puspenerbal mengadakan penyuluhan kesehatan dengan tema hepatitis dan kanker yang dibawakan oleh Mayor laut (K) dr. Ellen, Sp., PD. dimana dalam kesehariannya berdinas di Rumah Sakit dr. Wahyu Selamet Bitung Sulawesi utara dengan jabatan Kabag Kesla. Pentingnya penyuluhan kesehatan ini diharapakan agar seluruh anggota lanudal Manado memahami dan mengerti apa penyebab terjadinya penyakit hepatitis yang menyebabkan terjadinya kanker hati.


TURNAMEN BOLA VOLI SEMI RUDAL CUP I TH. 2017 LANUDAL SABANG

Diposkan oleh renbang 3 Maret 2017 (Pembaca 338)

Puspenerbal (03/03/17), Cabang olahraga bola voli menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam olah raga di Lingkungan Penerbangan TNI AL. Kali ini Lanudal Sabang mengadakan Turnamen Bola Voli semi Rudal Cup I Th. 2017 dalam rangka menyambut HUT Penerbangan TNI AL ke 61 Th. 2017. Turnamen diadakan pada tanggal 28 Februari 2017 bertempat di Mako Lanudal Sabang yang dimulai pada pukul 16.00 Wib.


TANAMKAN CINTA KEDIRGANTARAAN SEJAK DINI, TAMAN KANAK-KANAK KUNJUNGI PANGKALAN UDARA TNI AL MANADO

Diposkan oleh renbang 1 Maret 2017 (Pembaca 211)

Pada hari kamis tanggal 23 Februari 2017 Lanudal Manado menerima kunjungan dari empat rombongan taman kanak-kanak yang berada di kota Manado, diantaranya TK Hang Tuah, TK Dewi Sartika, Tk Raamdhatul at-falattaufiq dan TK Yapim Islam. Sebanyak 200 anak-anak dengan didampingi 25 guru beramai-ramai ingin mengetahui keberadaan alutsista Lanudal Manado. Adapun dalam kunjungan tersebut dimanfaatkan para guru untuk memberikan tugas kepada anak-anak didiknya untuk menggambar dan mewarnai pesawat terbang TNI AL.


JALASENASTRI KORCAB I PUSPENERBAL LOMBA MENYANYI.

Diposkan oleh renbang 22 Februari 2017 (Pembaca 124)

Guna mengasah bakat dalam bidang tarik suara, kemarin tepatnya Selasa pagi (14 /2) bertempat di Tower Lanudal Juanda, Jalasenastri Korcab I Puspenerbal gabungan Mabesal mengadakan Lomba menyanyi.


KOMANDAN PUSPENERBAL MEMPERINGATI HARI NATAL 2016

Diposkan oleh renbang 12 Januari 2017 (Pembaca 313)

 Selasa, 10 Januari 2017 Wisma Perwira Perwira yang biasanya terbalut dalam suasana protokoler, hari ini tampak berbeda. Di Ruang pertemuan lantai bawah gemerlap lampu-lampu dekor dan yang paling membedakan suasana adalah adanya Pohon Natal. Paduan suara dan beberapa vocal group kerohanian saling unjuk suara lagu-lagu puji-pujian, tarian tamborin, dan beberapa lagu solis yang menambah suasana semakin meriah. Suasana Wisma Perwira sebagai tempat pembinaan Penerbang TNI Angkatan Laut untuk pertama kalinya sejak tahun 1964 berdiri merayakan Natal 2016 dan  Tahun Baru 2017. Perayaan Natal tersebut didahului dengan ibadat yang dipimpin oleh Pendeta  Samuel Sianto, M.Th.